tips dan tricks agar cepat hamil

Selasa, 27 Agustus 2013

9 Cara Untuk Meringankan Muntah dan Mual Disaat Hamil



Ditulis oleh: Stephanie sanditri

Tidak ada hal yang paling menyebalkan dengan mengalami muntah pada awal kehamilan di waktu pagi hari.
Diperkirakan sekitar setengah dari wanita hamil akan menderita dan merasakan yang disebut dengan mual/  muntah yang dapat terjadi setiap saat , siang ataupun malam.Hal ini yang bisa dianggap kaum wanita sebagai mimpi buruk, terutama jika Anda terus menjaga rasa mual/ muntah sampai harus terburu-buru untuk pergi kekamar mandi setiap lima menit.
 Mual atau muntah dipagi hari diduga terkait dengan hormon kehamilan dan biasanya akan tampak jelas setelah minggu yang ke 12 atau lebih.meskipun beberapa wanita merasa beruntung karena hal ini bisa terjadi tepat melalui kehamilan.yakinlah bahwa mual/muntah disaat kehamilan adalah sesuatu yang normal.dan tidak akan membahayakan bayi anda.karena bayi anda akan mendapatkan nutrisi yang  dia butuhkan , bahkan jika anda makan teratur sekalipun  pasti rasa mual itu akan timbul kembali setengah jam setelah anda selesai makan.
Dalam kasus yang jarang terjadi jika wanita begitu parah merasakan muntah dan mual mungkin hal ini bisa terpengaruh kepada sang bayi karena anda tidak bisa menyimpan makanan untuk si bayi.hal ini disebut sebagai hiperemesis gravidarum dan jika anda mengalaminya sebaiknya cepat anda beritahu kepada bidan atau dokter kandungan  tentang gejala yang anda rasakan ini.termasuk gejala dehidrasi( lihat untuk kulit yang kering dan jarang buar air kecil), serta dengan penurunan badan serta keadaan tubuh yang sangat lemah .
1.       Mengkonsumsi Snack/ makanan ringan
Darah rendah bisa dikaitkan dengan muntah/ mual, dan itu bisa menjadi alasan  dan hal ini cenderung lebih buruk terjadi ketika Anda bangun  pagi karena anda tidak makan dimalam hari selama delapan atau Sembilan jam tanpa makan.jadi coba anda ngemil biscuit polos atau cracker , atau sepotong roti panggang  unbuttered, pada malam hari sambil berdiri dan makan perlahan- lahan  pada saat anda mau bangun pagi.banyak wanita yang melakukan trik ini, jadi jika Anda ingin tepat bangun di pagi hari sebaiknya anda mengatur alarm sepuluh menit lebih awal untuk memberi kesempatan Anda waktu untuk ngemil.tetepi jika hal ini juga tidak bisa menghentikan rasa mual, mungkin  anda harus bisa membedakan antara benar- benar muntah atau tidak
2.       Coba lebih banyak makan-makanan yang tinggi karbohidrat
Sebuah penelitian di inggris menunjukkan bahwa mual di pagi hari mungkin terkait dengan asupan tinggi gula, pemanis akoho, kafein, daging dan konsumsi makanan rendah sereal.And dapat menyeimbangkan makanan anda  dengan banyak makan buah dan sayuran dan biji-bijian serta karbohidrat dimurnikan yang bisa melepaskan energy secara perlahan.Makanlah dalam porsi keci daripadatiga kai makan besar dan focus pada makanan diet anda. Hindari makan yang berlemak  dan makan pedas karena makanan ini akan membuat penciuman anda lebih sensitive yang cukup umum dirasakan oleh wanita hamil, dan bisa memancing rasa mual anda. Keripik asin mungkin dapat membantumenyelesaikan masalah perut anda sebeum waktu makan,mengisap permen mungkin dapat menghilangkan rasa mual andaapabila rasa muala cenderung menyerang pada saat perjalanan mau pergi bekerja/ aktifitas sehari- hari cobaah konsumsi vitamin B6 karena ini juga dapat membantu, tetapi sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter anda.   
3 .Coba luangkan waktu untuk istirahat disaat anda sibuk sekalipun
Kelelahan dapat memperburuk penyakit kehamilan jadi cobalah mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dengan tidur siang selama 15 menitjika anda daam waktu bekerja.coba gunakan tote( penyumbat telinga) dan masker tidur  dengan seperti ini Anda bisa menutup dunia luar untuk sementara waktu.
4 Tetap mendengar
Otak,telinga dan perut semua terkait  dana ketika anda merasa sakit pesan dikirim ke otak Anda dari perut anda melalui telinga Anda.Ada beberapa bukti bahwa suara-suara tertentu dapat mengganggu pesan- pesan ini dan meringankan sakit dan mual Anda.
5 Menghirup/ mencium
Banyak wanita telah melaporkan bahwa mengendus lemon atau apel hijau dapat membantu menghilangkan rasa mual.jadi coba anda parut beberapa lemon atau kulit apel menjadi berbentuk persegi dan coba diikat dengan kain dan dihirup aromanya perlahan.atau cari parfum atau produk mandi dengan aroma lemon tersebut.dan coba dituangkan atu disapukan di saputangan anda minyak lemon atau  peppermint tsb.tahan dan hirup hingga wajah anda kembali menjadi normal dan rasa mualnya hilang.
6 Juice jahe
Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan sakit , jadi cobalah beberapa kisi jahe ke bubur sereal Anda atau  diseduhke dalam air panas( untuk mempermanis dapat dicampur dengan madu), atau manjakan diri anda dengan minuman jahe atau lemon tea, banyak took-toko yang menjual the herba. Biscuit jahe juga dapat anda konsumsi karena efeknya yang dapat menghilangkan rasa mual saat hamil.
7 Minumlah air Putih

Dehidrasi memperburuk mual sehingga banyak minum air dan menghindari minuman berkafein, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Mengisap es batu juga sedikit trik yang baik untuk meredakan mual, serta naikkan asupan cairan Anda.
8 Menerapkan beberapa tekanan

Acupressure wrist band, dirancang untuk meringankan mabuk perjalanan, sering dapat bekerja sama dengan baik pada mual/ muntah pada kenyataannya, penelitian telah menunjukkan bahwa 71% dari wanita hamil akan memiliki penyakit kurang intens jika mereka menggunakannya. Mereka menggabungkan pejantan yang menekan pada titik akupresur di pergelangan tangan Anda yang berpikir untuk mengurangi mual dan muntah.
9 Coba akupunktur

Ini telah ditunjukkan untuk mengurangi mual dan muntah - Uji coba juga telah diusulkan itu dapat meringankan gejala hiperemesis gravidarum. 
untuk informasi atau bertanya seputar kehamilan anda bisa klik disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar